Dengan menggunakan extension Firefox bernama GSpace, Anda dapat memanfaatkan Gmail sebagai direktori tempat penyimpanan file. Dengan pendekatan yang sama, sebuah extension Firefox bernama GPhotoSpace dapat Anda gunakan untuk memanfaatkan Gmail sebagai tempat penyimpanan foto-foto lengkap dengan fasilitas pembuatan album dan juga sebagai media berbagi foto ke teman-teman dan kenalan Anda. 

Setelah menginstall GPhotoSpace dan merestart Firefox, Anda dapat menjalankan GPhotoSpace melalui menu Tools – GPhotospace atau dengan mengklik icon GPhotospace di status bar Firefox.


Untuk masuk, Anda dapat login menggunakan account Gmail yang akan digunakan. Sayangnya ini terbatas untuk account @gmail.com, tidak bisa menggunakan account dari Google Apps. Ketika masuk, interface yang dihadapi masih bernuansa Gmail dengan menu-menu milik GPhotospace.

Di sini, Anda dapat memulainya dengan membuat album foto disertai deskripsinya dan memilih foto-foto yang akan diupload. Jangan lupa akses menu Setting untuk menentukan besar maksimal foto yang akan digunakan, semakin besar kualitas semakin bagus tetapi waktu upload akan semakin lama dan akan memakan ruang Gmail semakin besar. Setelah album disimpan, pada daftar album Anda dapat mengirimkan album tersebut ke teman atau kenalan Anda dengan mengisikan alamat emailnya. Nantinya teman Anda akan menerimanya sebagai email biasa berisi attachment foto-foto dalam album tersebut. Jika misalnya teman Anda menggunakan GPhotospace juga, maka akan diterima sebagai album dalam GPhotospace mereka.

Untuk diperhatikan, bahwa foto-foto dalam sebuah album yang diupload ini jika dilihat dari Gmail, maka akan nampak sebagai email berisi attachment dan ini akan memakan kapasitas Gmail yang Anda miliki. Apa yang Anda upload akan nampak pada folder Sent Mail di Gmail. Jika Anda memang menyukai cara penyimpanan foto ala GPhotospace ini, mungkin Anda perlu membuat account baru Gmail khusus untuk keperluan ini.

Saat ini, GPhotospace tersedia hanya untuk pengguna Firefox di Windows dan Mac.


0 komentar:

Posting Komentar